About

About

slider

Recent

Total Pageviews

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pengertian dan Macam-Macam HAM Materi PKN SD

Pengertian dan Macam-Macam HAM  1. Pengertian HAM Beberapa pengertian dikemukakan oleh para tokoh atau yang terdapat dalam doku...

Followers

Followers

Navigation

Materi Sekolah Dasar Kenampakan Buatan di Indonesia

Kenampakan Buatan di Indonesia


Kenampakan buatan adalah kenampakan yang terbentuk akibat perbuatan dari manusia. Kenampakan buatan terbagi menjadi menjadi dua, yaitu kenmpakan buatan yang terlihat seperti kenampakan alam, dan kenampakan buatan yang tidak seperti alam. Kenampakan alam buatan ini biasanya bertujuan sebagai tempat konservasi bagi hewan dan tumbuhan yang terancam punah.
Selain kenampakan alam buatan ini juga dimaksudnya untuk menampung air hujan. Kenampakan buatan yang tidak seperti alam adalah kenampakan yang memang di buat untuk kepentingan manusia. Kenampakan alam ini biasanya menjadi tempat hidup dan aktivitas bagi manusia. Kenampakan buatan di Indonesia adalah waduk, kebun binatang, pelabuhan, dan pemukiman penduduk

1. Waduk
Waduk adalah sebuah tempat penampungan air raksasa yang di buat oleh manusia. Selain itu, waduk juga sebagai penghalang aliran air sungai, sehingga aliran menjadi meninggi dan terlihat seperti danau yang besar. Waduk juga biasa di sebut sebagai bendungan. Waduk berfungsi sebagai salah satu penyedia air bagi masyarakat, selain itu waduk juga di pakai sebagai bagian dari system irigasi di sawah. Waduk di Indonesia sangat banyak. Contoh waduk di Indonesia adalah waduk gajah wungkur, bendungan sutami, bendungan karang kates, dan waduk jatiluhur.

2. Kebun Binatang
Kebun binatang adalah salah satu kenampakan buatan yang di buat seperti alam. Kebun binatang digunakan sebagai habitat serta tempat konservasi bagi hewan. Hewan- hewan yang ada di kebun binatang, tidak hanya untuk hewan yang terancam punah, tapi juga untuk hewan- hewan yang yang dapat dijadikan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat.
Kebun binatang di bagi menjadi dua, yaitu kebun binatang konvensional dan taman safari. Kebun binatang konvensional adalah kebun binatang biasa, dengan banyak kandang di dalamnya. Sedangkan taman safari adalah kebun binatang dimana binatang di dalamnya di biarkan bebas, tanpa kandang yang sempit. Taman safari lebih baik dari pada kebun binatang, karena binatang di dalamnya menjadi lebih bebas. Hanya saja, untuk taman safari membutuhkan tanah yang sangat luas. Hampir di setiap kota din Indonesia memiliki kebun binatang, akan tetapi hanya ada 2 taman safari di Indonesia, yaitu taman safari cisarua dan taman safari prigen.

3. Pelabuhan
Pelabuhan adalah tempat bersandar bagi kapal- kapal pelabuhan biasanya berada di tepi pantai yang dalam. Hal ini diperlukan, karena kapal besar akan susah bersandar jika tepian pantai tidak dalam. Pelabuhan adalah penampakan buatan yang tidak seperti alam.
Pelabuhan di buat oleh manusia agar manusia dapat naik turun kapal serta menaikkan dan menurunkan muatan menjadi lebih mudah. Indonesia adalah Negara kepulauan. Sehingga luas laut di Indonesia sangat besar. Oleh karena itu, Indonesia memiliki banyak pelabuhan. Contoh pelabuhan di Indonesia adalah pelabuhan tanjung perak, pelabuhan Banjarmasin, pelabuhan benoa, dan pelabuhan merak.

4. Pemukiman Penduduk
Pemukiman penduduk adalah tempat bagi manusia untuk hidup dan beraktivitas. Pemukiman penduduk adalah kawasan yang dipakai untuk segala aktivitas. Mulai aktivitas di lingkungan atau aktivitas berkerja. Pemukiman penduduk adalah penampakan buatan yang tidak seperti alam. Setiap daerah di bumi, pasti memiliki pemukiman penduduk. Pemukiman dengan luas dan jumlah penduduk yang sangat banyak akan menjadi sebuah kota.
Share
Banner

Post A Comment:

0 comments: