About

About

slider

Recent

Total Pageviews

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pengertian dan Macam-Macam HAM Materi PKN SD

Pengertian dan Macam-Macam HAM  1. Pengertian HAM Beberapa pengertian dikemukakan oleh para tokoh atau yang terdapat dalam doku...

Followers

Followers

Navigation

Materi Sekolah Dasar Mengenal Kitab-Kitab Allah

Mengenal Kitab-Kitab Allah

1. Nabi Daud a.s menerima kitab Zabur
Kitab Zabur berisi tentang syair-syair indah (Mazmur) yang merupakan puji-pujian kepada Allah swt. dan ciptaan-Nya.
Selain sebagai Rasul, Nabi Daud a.s.juga seorang raja yang sangat dicintai rakyatnya. Juga seorang yang ahli perang & seorang ahli seni yang sangat tinggi .
Nabi Daud a.s. Mempunyai suara yang sangat merdu. Bia ia membaca Kitab Zabur, orang yang sedang sakit menjadi sembuh, angin menjadi tenang,burung-burung dan gunung pun ikut bertasbih memuji Allah swt.
Allah swt berfirman:
“Dan Tuhan-mu lebih mengetahui siapa yang di langit dan di bumi. Dan sungguh Kami telah memberikan kelebihan kepada sebagian nabi-nabi atas sebagian (yang lain), dan Kami berikan Zabur kepada Daud” (QS Al-Isra/17 : 55)

2. Nabi Musa a.s menerima kitab Taurat
Kitab Taurat berisi undang-undang (hukum) yang dikenal dengan nama “Sepuluh Perintah Allah”. Dalam menyampaikan ajaran ini Nabi Musa a.s. Dibantu oleh saudaranya yang bernama Nabi Harun a.s.
Kitab Taurat diturunkan hanya untuk menjadi petunjuk bagi bangsa Israil.
Firman Allah swt. :

“Dan Kami berikan kepada Musa kitab (Taurat) dan Kami jadikan kitab itu petunjuk bagi Bani Israil. "Janganlah kamu mengambil penolong selain Aku” (QS Al-Isra /17 : 2)

3. Nabi Isa a.s menerima kitab Injil
Berdasarkan Kitab Injil inilah Nabi Isa a.s. Mendapat tugas berat dari Allah swt. tugas itu ialah meluruskan ajaran-ajaran Nabi Musa a.s. Yang telah diselewengkan kaum Bani Israil.
Pelanggaran dan penyelewenangan ajaran Taurat tidak hanya sebatas pada hukum dan atat cara ibadah, namun juga pada perilku masyarakatnya yang semakin kacau.
Allah swt berfirman:


Artinya : “ Dan Kami teruskan jejak mereka dengan mengutus Isa putra Maryam, membenarkan Kitab yang sebelumnya, yaitu Taurat. Dan Kami menurunkan Injil kepadanya, di dalamnya terdapat petunjuk dan cahaya, dan membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu Taurat, dan sebagai petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa”. (QS Al-Maidah/5 : 46)

4. Nabi Muhammad s.a.w menerima kitab Al-Qur’an
Al-Qur’an merupakan kitab suci yang sempurna. Isi kandungannya mencakup semua hal yang terdapat pada kitab-kitab terdahulu.
Al-Qur’an menurut bahasa artinya “bacaan” sedangkan menurut istilah Al-Qur’an ialah Firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw., sebagai petunjuk bagi umat manusia agar hidupnya bahagia dunia dan akhirat.
Allah swt. berfirman:

“Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al-Qur’an, dan sesungguhnya Kami tetap memeliharanya”. (QS Al-Hijr/15 : 9)


Al-Qur’an terdiri dari 30 juz, 144 Surat, 6666 ayat. Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. secara berangsur-angsur selama 23 tahun. Ayat – ayat Al-Qur’an diturunkan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang dialami oleh Nabi Muhammad saw. pada waktu itu.
Al-Qur’an pertama kali diturunkan pada tanggal 17 Ramadhan di Gua Hira. Gua Hira terletak di Jabal Nur (Gunung Nur). Surat yang pertama turun yaitu Surat Al-’Alaq ayat 1-5.
Share
Banner

Post A Comment:

0 comments: