About

About

slider

Recent

Total Pageviews

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pengertian dan Macam-Macam HAM Materi PKN SD

Pengertian dan Macam-Macam HAM  1. Pengertian HAM Beberapa pengertian dikemukakan oleh para tokoh atau yang terdapat dalam doku...

Followers

Followers

Navigation

Batik Cetak Sablon dan Batik Print Mesin Materi Seni Budaya SD


Batik Cetak Sablon dan Batik Print Mesin

Batik cetak ini kualitasnya dibawah batik cap. Perlu diketahui bahwa batik cetak berbeda dengan batik printing. Pada metode cetak sablon, sebenarnya yang mengerjakan batiknya tetap manusia. Bukan mesin.
Namun orang-orang suka bingung dan tertukar antara batik cetak sablon dan batik print. Sebenarnya batik cetak ini lebih mirip dengan batik cap. Karena prosesnya menggunakan cetakan besar bernama plangkan dan rakel. Yaitu alat yang biasa digunakan untuk sablon kaos. Namun proses pengerjaanya lebih mudah, dan tidak menggunakan malam.


Orang lagi nyetak sablon kain batik panjang.

Pembuatan batik dengan metode ini menghasilkan batik dengan sangat cepat. Namun karena lilin malam tidak lagi digunakan dan tingkat kerumitan yang rendah, batik ini memiliki nilai yang jauh dibawah batik cap dan batik tulis. Karena jauh lebih mudah membuatnya. Prosesnya juga biasa disebut sablon. 
Menghasilkan batik dengan singkat serta dengan harga yang sangat murah, inilah kenapa banyak sekali produsen jadi peminat batik cetak. Dalam sehari, bisa menghasilkan ratusan bahkan ribuan batik. Banyak juga pengrajin yang lebih fokus kepada batik cetak karena batik ini dapat meningkatkan omset berkali kali lipat.


Batik yang dicetak dengan cara disablon.

Kalau dilihat dari rapih atau tidaknya, justru metode ini menghasilkan batik yang sangat rapi detailnya. Namun karena tidak ada penggunaan malam serta tidak ada eksklusivitas pada batik ini, maka batik ini dianggap bermutu rendah

Batik Print Mesin

Jenis batik yang akan dibahas sekarang adalah batik print. Lagi-lagi untuk meningkatkan efisiensi, batik pun diproduksi dengan mesin print tekstil. Pendapat masyarakat pun beragam mengenai inovasi ini.
Sebagian besar orang menganggap batik print tidaklah mewarisi tingkat kerajinan dari jenis-jenis batik sebelumnya, bahkan banyak yang menjuluki batik ini adalah batik imitasi.


Mesin batik print.

Ini disebabkan karena beberapa hal. Salah satunya adalah pola-pola dibuat dengan bantuan otomasi mesin. Ya, ternyata banyak batik yang beredar di pasaran memang sudah tidak ada campur tangan manusianya ketika dibuat, kecuali pencet-pencet tombol.
Lalu yang menjadi masalah utama adalah adanya produsen-produsen asing yang turun memproduksi batik dengan mesin printing.
Contoh yang banyak beredar di pasaran adalah kain batik printing dari negeri Tiongkok. Yang mana harganya sangat murah, namun secara langsung mengancam eksistensi batik Indonesia.


Mesin batik print yang banyak dikecam oleh pecinta batik Indonesia.

Batik print biasanya di banderol dengan harga dibawah 80.000 IDR kainnya saja. Apabila sudah jadi baju, mungkin bisa sampai 120.000 IDR. Memang sangat murah, dan banyak digemari oleh kalangan ekonomi kelas menengah kebawah. Ya masalahnya memang batik ini sangat terjangkau dan banyak ada dipasaran.
Share
Banner

Post A Comment:

0 comments: