About

About

slider

Recent

Total Pageviews

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pengertian dan Macam-Macam HAM Materi PKN SD

Pengertian dan Macam-Macam HAM  1. Pengertian HAM Beberapa pengertian dikemukakan oleh para tokoh atau yang terdapat dalam doku...

Followers

Followers

Navigation

Paragraf

Paragraf


Pengertian Paragraf 
adalah beberapa rangkaian kalimat yang saling beruhubungan disusun secara logis dan sistematis sehingga membentuk satu kesatuan pokok bahasan.

Adapun untuk membuat sebuah paragraf diperlukan kriteria atau syarat khusus, antara lain :
1. Kesatuan ( Unity )
2. Kepaduan Makna ( Koherensi )
3. Kepaduan bentuk ( Kohesi )
4. Mempunyai satu ide pokok, dan
5. Berkalimat efektif

Pembagian ParagrafParagraf terdiri atas gagasan/ ide utama dan gagasan/ ide penjelas, yaitu :

1. Gagasan utama
Gagasan utama atau ide utama merupakan gagasan yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf.

2. Gagasan Penjelas
Gagasan penjelas adalah gagasan yang berfungsi menjelaskan gagasan utama. Penjelasan tersebut dinyatakan oleh beberapa kalimat yang disebut kalimat penjelas.

Jenis Jenis Paragraf

Beberapa jenis paragraf dapat dibedakan berdasarkan lekat gagasan utamanya dan pola pengembangannya.

1. Deduktif
Paragraf Deduktif sering disebut juga pragraf umum khusus. Paragraf Deduktif merupakan paragraf yang gagasan utamanya terletak di awal paragraf. Mempermasalahkan hal hal umum/ luas disusul oleh penjelas penjelas/ sempit
Contoh Paragraf Deduktif
Sekarang ini, kamera digital sudah bukan merupaka barang istimewa. Setiap lapisan masyarakat, sudah sangat akrab dengan kamera canggih tersebut. Di manapun dan dalam acara apa pun, masyarakat selalu menggunakan jasa kamera digital yang praktis dan ekonomis itu.

2. Induktif
Paragraf Induktif disebut juga paragraf khusus-umum, yang merupakan sebuah paragraf yang gagasan utamya tertelak di akhir paragraf sifatnya mempermasalahkan uraian atau penjelasan di awal yang kemudian meluas di akhir kalimat/ umum.
Contoh Paragraf Induktif
Setiap lapisan masyarakat, sudah sangat akrab dengan kamera canggih tersebut. Di manapun dan dalam acara apa pun, masyarakat selalu menggunakan jasa kamera digital yang praktis dan ekonomis itu. Memang sekarang ini kamera digital sudah bukan merupakan barang istimewa.
Share
Banner

Post A Comment:

0 comments: