About

About

slider

Recent

Total Pageviews

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pengertian dan Macam-Macam HAM Materi PKN SD

Pengertian dan Macam-Macam HAM  1. Pengertian HAM Beberapa pengertian dikemukakan oleh para tokoh atau yang terdapat dalam doku...

Followers

Followers

Navigation

Bangun Datar Kelas 2 SD

Bangun Datar



 
A. PENGERTIAN BANGUN DATAR 
 
Bangun datar adalah bagian dari bidang datar yang dibatasi oleh garis-garis lurus atau lengkung (Imam Roji, 1997).
Bangun-bangun geometri baik dalam kelompok bangun datar maupun bangun ruang merupakan sebuah konsep abstrak. Artinya bangun-bangun tersebut bukan merupakan sebuah benda konkret yang dapat dilihat maupun dipegang. Demikian pula dengan konsep bangun geometri, bangun-bangun tersebut merupakan suatu sifat, sedangkan yang konkret, yang biasa dilihat maupun dipegang, adalah benda-benda yang memiliki sifat bangun geometri. Misalnya persegi panjang, konsep persggi panjang merupakan sebuah konsep abstrak yang diidentifiaksikan melalui sebuah karakteristik.
Dari uraian di atas maka bangun datar dapat didefinisikan sebagai bangun yang rata yang mempunyai dua dimensi yaitu panjang dan lebar tetapi tidak mempunyai tinggi dan tebal. Dengan demikian pengertian bangun datar adalah abstrak.

B. MACAM-MACAM BANGUN DATAR


Bangun datar terdiri dari sisi dan sudut



1. Segi tiga





Banyak Sudut = 3 buah
Banyak Sisi = 3 buah

2. Segi empat



Persegi
Banyak Sudut = 4 buah
Banyak Sisi = 4 buah

3. Persegi Panjang 



Banyak Sudut = 4 buah

Banyak Sisi = 4 buah

4. Trapesium Siku-Siku

 
Banyak Sudut = 4 buah
Banyak Sisi = 4 buah

5. Trapesium Sama Kaki 


Banyak Sudut = 4 buah
Banyak Sisi = 4 buah

6. Jajaran Genjang

 
Banyak Sudut = 4 buah
Banyak Sisi = 4 buah


7. Belah Ketupat 

 
Banyak Sudut = 4 buah
Banyak Sisi = 4 buah
 
8. Layang-Layang


Banyak Sudut = 4 buah
Banyak Sisi = 4 buah

9. Segi lima
 


Banyak Sudut = 5 buah
Banyak Sisi = 5 buah

10. Segi enam



Banyak Sudut = 6 buah
Banyak Sisi = 6 buah


Share
Banner

Post A Comment:

0 comments: